Minggu, 26 September 2010

HARAPAN PETANI

Apa yang anda tau tentang Petani ??? pasti jawabannya aneka ragam sesuai dengan pengetahuan masing-masing. Banyak orang yang peduli dengan nasib petani, bahkan pemerintah pusat membuat kementrian pertanian, pemerintah provinsi, membuat Dinas Pertanian begitu juga Pemerintah Kabupaten. Hasilnya Kementrian dan Dinas Intansi yang mengurusi pertanian tumbuh subur sementara petaninya "masih seperti yang dulu".

Andai di Republik ini tidak ada kementrian pertanian, tidak ada Dinas Pertanian, percayalah petani tetap ada dan eksis sepanjang zaman. Selama ini petani kurang merasakan nikmatnya ada kementerian pertanian, kurang merasakan adanya dinas pertanian, mereka merasa hidup sendiri dengan segudang beban kewajiban yang diemban petani.

Apa sebenarnya yang diperlukan petani ??? sederhana sebenarnya, petani hanya perlu regulasi (aturan) yang mengatur tatakelola pertanian terutama aturan tentang perbankkang yang khusus dapat menyediakan modal buat petani, asuransi khusus yang menjamin kegagalan panen, sistem pergudangan khusus yang dapat menampung hasil pertanian.

Jangan menyamakan petani dengan pengusaha biasa, sebab petani pengusaha luarbiasa, kalau pemerintah mau berpihak pada petani, maka langkah awal yang harus dilakukan pemerintah adalah membuat regulasi agar tercipta jaminan kepastian harga, kemudian membuat asuransi jaminan gagal panen, langkah berikutnya menciptakan perbankkan yang khusus membiayai produksi pertanian, kalau itu tidak pernah dilakukan, percayalah petani tidak butuh kementerian pertanian, Departemen pertanian, maupun Dinas Pertanian.

Hanya untuk diketahui, petani adalah orang yang bekerja dari jam 6 (enam) pagi sampai jam 18 (delapan belas) sore hari, petani orang yang bekerja tidak mengel cuti, petani orang yang bekerja dibawah terik matahari, dan petani orang yang bekerja tidak mengenal rugi, semua ditujukan untuk memenuhi hajat hidupnya dan  menyediakan bahan makanan untuk orang yang berdasi.

Kapankan regulasi dibuat agar dapat berpihak pada petani ??? jawabannya belum pasti..............................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar